Sunday, June 12, 2016

Lokasi air mancur bogor

Kapan terakhir anda berkunjung ke kota bogor?
Jika anda sudah lama tak berkunjung ke kota hujan ini pastinya anda akan pangling di buatnya, karena beberapa lokasi seperti taman dan juga tempat-tempat di bogor ini sudah berbenah dan berubah.
Selain itu di bogor juga terdapat area-area baru yang dijadikan sebagai fasilitas umum seperti taman corat-coret dan juga taman air mancur yang kini sudah beneran ada air mencurnya.

Nah kali ini kita mau membahas tentang air mancur ini yangt erletak sekitar setengah kilo saja dari kebun raya bogor, Air mancur sendiri terletak di pertemuan jalan Sudirman, Pemuda, Ahmad Yani dan RE Martadinata. Disini juga terdapat wisaja jajanan khas bogor dan wisata kuliner yang bisa menjadi selingan anda di kala berkunjung ke bogor.

Alamat taman air mancur
Jalan Jendral A. Yani No. 4, Bogor Tengah, Sempur, Bogor Tengah, Jalan Jendral A. Yani No. 4, Bogor Tengah, Sempur, Bogor Tengah,Kota bogor.

Biasanya pada malam hari terutama malam minggu masyarakat bogor juga banyak yang bermain atau sekedar menghabiskan malam minggunya di taman ini sambil bercengkrama bersama teman, selain itu di di depan air mancur ini terbentang jl. jend. sudirman dimana di pinggiran jalan ini juga sering di jadikan perkumpulan berbagai komunitas motor dan akan sangat ramai jika malam minggu tiba, ya kota bogor memang tak pernah sepi dengan hiruk pikuk penduduknya.
Saya sendiri ketika dulu bergabung

Sejarah taman air mancur
 Taman air mancur ini sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonial belanda sekitar tahun 1836-1840. dan taman ini sebenarnya adalah sebuah tugu yang di bangun dan di instrusikan oleh gubernur jendral belanda yang bernama D.J de Eerens
 Pada masa belanda tugu ini merupakan sebuah peringatan hindia belanda ke tangan belanda.
dan tugu ini di sebut juga tugu putih atau De Witte Paal.

Tugu ini juga dimanfaatkan sebagai titik pembuatan peta atau (triangulasi) khususunya di pulai jawa sebagi pembuatan peta topografi.  sekitar tahun 1964 atau kemerdekaan sudah ada di tanagn indonesia tugu putih ini dihancurkan sebagai dasar untuk menghilangkan jejak atau menghapus jejak penjajahan belanda, lalu dilakukan pembangunan sebuah taman dengan kolam airnya dan semenjak itulah taman ini dinamakan taman air mancur.
Sayangnya walaupun di sebut taman air mancur namun di taman ini tidak terdapat air mancurnya, memang sekitar 7 tahyunnkebelakang ada air mancurnya namun tidak bertahan lama, barulah pada sekitar tahun 2015.

Warga bogor patut berbahagia karena pada ahri jadi bogor yang ke -533 taman ini telah di renov dan juga di di buatkan airmancur ddengan aksesori led dan juga lampu2 yang menorotinya membuat taman ini semakin indah dan cocok dijadikan taman bermain pada siang maupun malam hari.

Jika kondisi jalanan jend. sudirman lengan maka jika anda berdisri di taman mancur ini anda bisa melihat dengan jelas istana bogor yang berada di dalam kebun raya bogor.

Peta lokasi taman air mancur bogor


Demikianlah pembahasan saya kali ini menganai taman air mancur bogor yang sekarang sudah di benahi dan menjadi taman idaman buat warga bogor, semoga bermanfaat ya

No comments:

Post a Comment