Friday, May 27, 2016

Visit bogor Keramat gunung munara

Kali ini saya ingin menceritakan tentang gunung munara, Situs gunung munara ini memiliki beberapa lokasi yang dianggap kramat dan memiliki sejarahnya tersendiri.
Lokasi gunung munara berada di Kp. Sawah, Rumpin, Bogor.

langsung saja saya bercerita, sekitar hari rabu pagi saya mengunjungi gunung munara ini, dengan diantar oleh kawan saya kami berangkat dari pamulang. perjalanan dari pamulang menuju situs gunung munara sekitar 2 jam.

Singkat cerita akhirnya kami sudah sampai di lokasi parkir gunung munara kemudain membayar tiket masuk dan parkir seharga Rp.15.000

Treking sekitar satu kilo atau satu jam kita sudah bisa sampai kepuncak bintang atau puncak munara. Di pertengahan jalur treking saya bertemu dengan seorang bapak yang bernama bapak H.syaifudin. beliau berjualan rujak dan juga minuman, bisa di bilang beliau ini juga merupakan juru kunci gunung munara yang mengetahui informasi banyak mengenai lokasi-lokasi atau obyek yang berada di kawasan gunung munara.

Menikmati rujak buatan pak H.syaifudin sambil beristirahat, saya menyembapkan unutk menggali informasi mengenai gunung munara ini. 
Di lokasi ini ada beberapa lokasi yang bisa di bilang keramat dan sering di datangi oleh para pezarah untuk mencari syariat ataupun berdoa di lokasi yang dainggap kramat.
Lokasi -lokasi keramat yang berada di gunung munara yakni
1. Kristal kuda / goa kristal kuda
2.Taman putri / puncak satu
3.Tongkat wali sembilan 
4.Tapak kaki kabayan
5.Goa maulana hasanudin
6.Goa pak karno
7. Batu adzan

Selain dimanfaatkan untuk wisata alam disini juga banyak msyarakat dari berbagai daerah yang melakukan wisata religi ke tempat-tempat tersebut. 
Di lokasi tempat berdagang pak H. syaifudin juga disediakan kotak sumbangan yang bisa anda berikan secara sukarela.
Terlepas dari hal tersebut kalau pendapat saya, manusia hanya bisa berusaha dan tuhan yang menentukan, berzarah atau berkunjung ke tempat kramat di gunung munara hanyalah jalan mencari syareat dan berikhtiar saja hasil akhir tetap yang di atas yang menentukan.

Walaupun tempat ini lebih cocok di sebut bukit namun masyarakat disini lebih fasih dengan sebutan gunung. Serunya saat berkunjung kesini adalah anda bisa memanjat batu-batu tinggi dan menikmati view di atasnya.

Jika anda berkunjung ke gunung munara ini jangan lupa untuk mampir di warungnya pak H.syaifudin ya hehe.. 
Anda bisa bertanya-tanya langsung kepada beliau jika ada pertanyaan tertentu yang tidak mungkin penulis jawab karena keterbatasan saya.

Puas juga berkunjung ke obyek wisata gunung munara ini, memanjat batu dan melihat situs bersejarah di dalamnya serta menikmati view yang lumayan bagus cukup mengobati dan me refresh fikiran.
Semoga bermanfaat ya informasi tersebut, oya saya juga semat mendokumentasikan kegiatan saya saat berkunjung ke gunung munara ini. anda bisa lihat di bawah.



Tambahan saya : Sebenarnya obyek wisata gunung munara cukup menarik namun yang disayangkan adalah pengelolaan kurang bagus hal tersebut bisa dilihat saat kita berkunjung ke beberapa obyek masih terdapat sampah-sampah bekas minuman mineral dll,


FYI ketika saya masuk kawasan ini skitar 30ribu
Tiket masuk dan parkir Rp.15ooo
Biaya kebersihan Rp.10.000

Semoga bermanfaat guys, :)

No comments:

Post a Comment