Sunday, May 29, 2016

Curug cibaliung

Mengunjungi curug cibaliung yang berada di kawasan leuwihejo,
Kali ini saya ingin menceritakan tentang trip saya menuju curug cibaliung. Oya sekedar informasi curug cibaliung ini merupakan obyek wisata yang berada di kawasan curug leuwihejo, Untuk bisa sampai ke lokasi curug cibaliung ini kita harus melakukan treking selama kurang lebih 1 sampai 1,5 jam. leuwihejo memiliki beberapa obyek curug yakni : Curug leuwihejo, curug barong, curug Cipet, Curug liek dan curu liek. Namun disini saya hanya akan menuliskan tentang keindahan curug lieuk.

Setelah sampai ke kawasan leuwihejo kami langsung memarkirkan kendaraan oya untuk biaya masuk ke curug leuwihejo kalau di hitung-hitung per orangnya sekitar Rp.20.000.
Dengan rincian sbb
biaya masuk kawasan Rp.15.000
retribusi ke curug cipet,lieuk dan juga cibaliung Rp.5000
Parkir Rp.5000

Oya jika anda masuk ke kawasan leuwihejio terutama bagi anda yang membawa kendaraan bermotor saya sarankan agar parkir sampai ke tempat parkiran yang paling ujung agar jarak tempuh anda tidak terlalu jauh.
Biasanya petugas parkir disana langsung menawari anda untuk parkir di tempat yang masih depan namun sebaiknya jangan karena lumayan memakan waktu dan tenaga, karena sebenarnya tempat parkirnya cukup banyak.

Selesai memakirkan kendaraan saya  dan kawan-kawan saya langsung bersiap untuk treking menuju curug cibaliung. Jalur yang akan kita lalui lumayan menguras tenaga karena turun naik. di jalur treking kita akan menemui beberapa warung yang bisa dijadikan tempat peristirahatan sejenak.
Setelah sebelumnya anda telah membayar Rp.1500 untuk masuk kawasan, di pos kedua anda akan di pintai retribusi sebesar Rp.5000.
Setelah post kedua ini anda akan menemui jalur treking yang menurun kemudian melewati leuwi cipet dan leuwi liek. untuk bisa lanjut ke curug cibaliung patokanya dari lewi liek ada jalur di sebelah kananya yang menanjak. anda bisa melewati jalan tersebut setelah kurang lebih 50 meter menanjak anda akan menemukan percabangan jalur yang ke kiri dan juga lurus, dari sana ambil jalur yang kekiri hingga sampai ke bagian sungainya kemudian selanjutnya anda tinggal menyusuri sungai sekitar 20-30 menit anda sudah bisa sampai ke curug cibaliung.



Sedikit saran saya saat anda berkunjung ke kawasan curug leuwihejo sebaiknya pada musim panas karena kondisi air yang kecil membuat pemandangan curug-curugnya lebih indah dan airnya berwarana biru toska.

Demikian ya informasi wisata alam yang bisa menjadi rekomaendasi buat anda, semoga bermanfaat.
sampau bertemu di postingan selanjutnta


No comments:

Post a Comment