Wednesday, May 11, 2016

Menikmati keindahan curug cibulao

Namanya curug cibulao, Sesuai dengan namanya airnyapun berwrna bulao. oya bulao itu artinya biru. 

Saya sendiri belum jelas mengenai penamaan curug tersebut namun warga asli juga menyebutnya dengan curug hulu karena letaknya yang berada di hulu sungai cibulao. curug cibulao ini terletak di puncak pasabean.
Lokasi curug  cibulao sendiri tidak jauh dari jl. tegal luhur. Untuk patokan menuju lokasi curug ci bulao yaitu :
Dari arah bogor menuju ke arah puncak sampai dengan mentok ke cimory riverside, Jika sudah sampai di dekat cimory lalu ambil ke arah kiri yakni Jl.desa cilember lalu belok ke kiri ke jl.pesantren ambil kiri lagi ke jl.curug panjang. jika sudah menemukan pertigaan ambil kanan. jalanan nya cukup menanjak dan curam sehingga anda harus berhati-hati.

Saya sendiri sudah beberapa kali ke lokasi curug cibulao, awalnya aga bingung untuk bisa sampai ke lokasi curug cibulao namun dari bekal berani bertanya maka bisa juga sampai ke curug cibulao. Bbeberapa teman saya ada yang sempat nyasar ke curug panjang karena memang letak curug panjang dan cibulao tidak berbeda jauh.
Berikut saya berikan juga link maps untuk lokasi curug cibulao ini https://goo.gl/maps/4y7Nz6CP7US2
 
Cukup dengan mengikuti rute yang ada di peta anda sudah bisa sampai kok ke curug yang satu ini. di lokasi juga masih tersedia signal sehingga anda bisa menggunakan gps di ponsel android anda untuk mencari ruternya.

Untuk kondisi jalanan dari jl.cilember menuju ke arah cibulao ini bisa di bilang cukup bagus walapun ada beberapa jalan berlubang dan jalanan yang menanjak namun tidak terlalu parah, selain itu pembangunan jalanan juga terus dilakukan sehingga memudahkan akses untuk mencapai lokasi curug cibulao.

Tempat parkir untuk curug cibulao ini masih berada di jl.tegal luhur tepatnya di halaman mushola warga, jika tempat parkir penuh biasanya kendaraan bermotor juga di parkir di sisi jalan.

Untuk perjalanan dari bogor sendiri jika kondisi lancar tak kurang dari satu jam sudah bisa sampai ke lokasi curug ci bulao. Jika kita sudah sampai tempat parkir cibulao selanjutnya kita bisa menuruni bukit sekitar 100meter dari tempat parkir dan sudah bisa sampai ke curug cibulao. Dengan jarak yang cukup dekat sehingga tidak banyak memakan tenaga hanya saja anda harus berhati-hati ketika menuruni anak tangga yang licin.

cekungan pertama
cekungan kedua



Dicurug cibulao sendiri cukup unuik karena memiliki dua cekungan curug, cekungan pertama dan kedua bisa di gunakan untuk berenang namun jika air sedang besar saya sarankan untuk berenang di cekungan yang  bawah saja,.
Ketika sampai di curug cibulao ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan curug yang indah, jika cuaca sedang bagus dan kondisi airnya tidak terlalu besar biasanya airnya berwarna biru dan cukup cantik di pandang mata, oya kondisi disini juga cukup dingin maklum masih kawasan puncak.
Ana juga bisa menyewa pelampung yang di sediakan oleh pengelola, untuk harga sewa pelampung sekitar RP.10.000, Oya saya belum membahas harga tiket, untuk harga tiket mauk ke cibulai itu hanya sekitar Rp.12000/orang. cukup murah bukan. kita akan di berikan tiket masuk sebenrnya tiket masuk tersebut sudah dengan harga parkir namun untuk parkir motor sendiri biasanya petugas oarkir memionta lagi. sebaiknya bayar saja 5ribu untuk du buah motor.

Curug cibulao masih sealiran dengan curug panjang, untuk jarakknya sendiri sekitar 1,5KILO, sssst jika anda sudah tahu jalur anda juga bisa melakukan treking river loh ke arah curug panjang atau sebaliknya jika anda dari arah curug panjang anda juga bisa treking river ke cibulao. namun saya sarankan anda menyewa guide yang di sediakan petugas disana.
treking river tanpa sewa guide boleh-boleh saja, namun harus memperhatikan faktor cuaca dan juga kondisi air. jika air tidak terlalu besar maka cukup aman untuk melakukan treking river.
di bawah curug cibulao ini masih ada 2 curug lagi sebenarnya yaitu curug orok dan curug barong. untuk kedua curug tersebut tak kalah indah kok dan patut anda coba juga.

Berikut ini vide saat-saat saya berwasa kawan saya berenang dan menikmati curug cibulao.



1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete