Thursday, May 12, 2016

Lokasi ciparay pemandian air panas

Lokasi pemandian air panas ciparay, Lokasi ciparay terletak di kawasan gunung salak endah. Tepatnya di desa gunung sari - Kecamatan pamijahan - Bogor.
Untuk aksebilitas menuju pemandian air panas ini cukup mudah jika dari arah bogor, kita tinggal menuju dramaga lalu ke arah ciampea, saya sarankan anda lewat jalan cibatok-cipicung. karena arah tersebut mengarah langsung ke pintu utama kawasan gunung salak endah, sehingga anda tidak perlu berputar atau mengitari gunung gede. Karena lokasi pemandian air panas ciparay ini memang letaknya tak jauh dari pintu 2, dimana untk sampai ke kawasan gunung salak endah ini lebh dekat dari cibatok.

Rabu siang saaya dan kawan saya penasaran akan lokasi pemandian air panas yang berada di sekitaran GSE taua gunungb salak endah. kamipun langsungh merencanakan perjalanan untuk bisa sampai  ke obyek pemandian air panas ciparay. Perjalanan yang di tempuh dari bogor memakan waktu sekitar 1 jam saja karena hari senin jalanan memang lancar.
Sesampainya di kawasan gunung salak endah kami langsung memasuki pintu gerbang masuk dan membayar tiket seharga Rp.25ribu untuk 2 orang dan satu buah motor, oya jika anda hanya membayar dan tidak diberikan tiket masuk saya sarankan anda untuk memnta tiket masuk. Karena agar petugas tidak melakukan pungli terhadap uang yang sudah anda bayarkan hehe.
Tak jauh dari pintu masuk saya sudah menemukan plang pemandian air panas ciparay kawasan gunung salak endah. sayapun langsung memasuki gapura tersebut dan menyusuri jalanan, jalan cukup lenganga dan sesampainya di tempat parkir ternyata pengunjung tidak terlalu ramai maklum saka karena masih weekday.
Saya dan kawan-kawan saya langsung menuruni jalanan tangga untuk sampai ke pemandian air panas ciparay. jaraknya kurang lebih setengah kilo saja. Beberapa pengunjung asyik berfoto di tangga saat kami menurun. Saat berjalan menuju lokasi kolam kita juga melewat i warung-warung yang menawarkan souvenir dan juga cinderamata, selain itu ada juga tempat penyewaan celana renang bagi anda yang tidak membawanya.
Di samping kolam pemandian ciparay ada sebuah sungai yang cukup besar dan beberapa pengunjung mandi dan menikmati sungai tersebut.
Sesampainya di kolam pemandian saya istirahat sejjenak dan meminum sebotol air mineral yang kami bawa. Beberapa pengunjung asyik berendam.
Setekah cukup istirahat saya dan kawan-kawan langsung berganti pakaian untuk nyebur di kolam ini.
Nyesss airnya berasa cukup panas di kaki namun harus perlahan-lahan memang apalagi buat saya yang tidak terbiasa berendam di pemandian air panas ini.
Beberapa pengunjung yang sudah berusia kepala lima sangat menikmati berendam di pemandian air panas ciparay ini. Kami pun menyempatkan untuk berbincang-bincang dan ngobrol santai dengan si bapak,
Pak apa ngga panas airnya kok kuat amat? tanya saya karena si bapak ini santai sejkali menikmati air yang meniurut saya sangat panas ini. Ngga dek enak kok, ayo [pelan2 saja nanti juga enakan kok tidak berasa panasnya.
Sayapun meng iyakan saran si bapak, walaupun sebenarnya saya ga kuat menahan panasnya air di kolam pemandian ini.

Setelah sekitar setengah jam kami menikmati dan berendam di air panas ciparay ini hujanpun turun, walaupun kondisi sedangb hujan namun pengunjung semakin ramai berdatangan . tak hanya orang tua yang berendam beberapa anak muda pun berbaur disini. namun sayang mereka tidak faham bahwa ini bukanlah kolam renangh yang bisa digunakan seenaknya untuk nyebur, pemandian air panas ini sebenarnya ya untuk berendam saja. Namun namanya anak muda tetap di atur tetap saja mereka melompat-lompat di kolam ini.

Suasana hujan sambil berendam di air panas ini cukup nikmat dan aku sudah bisa menikmatinya, rasa panasnya sudah agak berkurang..

Sesekali saya dan kawan-kawan duduk-duduk sambil berbincang karena memang tidak baik jika terlalu lama berendam, lalu kami berendam lagi sambil bberbaur dengan pengunjung yang lainya. oya di pemandian air panas ciparay ini di sediakan juga ruang privat yang bisa anda gunakan bersama teman atau kelaurga, disini terdapat dua kolam yakni kolam pertama dan kedua yang berada di bawahnya. selain itu ada juga pancuran yang mengalirkan air panas, cocok bagi anda yang ingin merasakan sensasi berbeda menikmati pemadndian air panas ini,

Hari sudah mulai sore, walaupun untuk pemandian air panas ini buka 24 jam menurut infotmasi yang saya dapatklan dari pengelola, namun karena ada keperluan saya dan kawan-kawan hanya sampai jam 5 saja.
Perjalanan pulang dengan diguryur dan i iringi oleh  hijan yang seakan tidak mau minggat dari kawasan gunung salak endah ini.

Mandi di pemandian air panas ciparay ini cukup enak tempatnya, walaupun begitu sangat di sayangkan karena pengelolaanya kurang bagus, kolam terlalu kecil dan tidak tersedia ruang ganti.
walau begitu cukup puas dan menyehatkan. Pemandian air panas ciparay cocok buat anda yang ingin menikmati dan merasakan sensasi air belerang yang kaya khasiat ini.

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete