Sunday, May 1, 2016

Akses dan variasi wisata di gunung bunder

Melepas penat di gunung bunder

bosan dengan aktivitas pekerjaan yang anda lakukan setiap harinya, cobalah sesekali
untuk berkunjung ke kawasan gunung bunder, ketika sampai disana anda akan di sambut dengan
pepohonan pinus dan juga udara dingin yang sangat sejuk. gunung bunder memiliki ketinggian 750 s/d 1.050mdpl sebagian besar ditanami oleh ponon pinus yang dimiliki oleh perhutani.

Sejenak jauh dari hiruk pikuk dan kejenuhan untuk kembali menambah energi anda.
saya sendiri sebenarnya sudah cukup sering berkunjung ke gunung bunder baik untuk sekedar
ngaso, menikmai udara bersih ataupun berkunjung ke beberapa obyek wisata di dalamnya. selain terdapat
curug juga terdapat pemandian air panas dan juga outbond area.

Untuklokasi gunung bunder, letaknya tidak begitu jauh dari kota bogor, akses jalan nyapun sangat mudah, untuk mencapai ke kawasan ini sebenarnya ada beberapa jalur yakni dengan melewati pertigaan cibatok/gunung picung dan lewat cikampak.
Ada beberapa kekurangan dan kelebihan jika anda melewati cibatok atau cikampak, jika anda melewati cibatok anda akan melewati jalanan yang cukup bagus namun agak jauh, jika anda melewati jalan ini anda
akan menemuakan persawahan yang tidak jauh dari kawasan gunung bunder. Jika anda memilih jalur cikampak jalanan yang anda lewati memang lebih dekat akan tetapi di jalanan banyak lubang dan tidak rata. jika anda lewat cikampak setelah anda memasuki kawasan gunung bunder tersebut anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus.
Jika anda mengendarai mobil sebaiknya anda lewat ke jalur cibatok, untuk kendaraan roda dua memilih jalur cibatok ataupun cikampak bisa keduanya.
pengalaman saya jika anda melewati jalur cikampak sebaiknya kendaraan jangan terlalu mengebut karena ada beberapa tikungan yang berbahaya, selain itu banyak bahaya mengintai lainya karena sering terjadi tabrakan.

Apa saja yang bisa kita lihat jika sudah sampai ke kawasan gunung bunder? pertama yang bisa kita dapatkan adalah hutan atau pepohonan pinus yang banyak terdapat di kawasan gunung bunder, spot pohon pinus bisa kita dapatkan jika melewati cikampak, spot ini biasa dimanfaatkan untuk berkemah. Selanjutnya ada beberapa obyek wisata curug atau air terjun yakni :

1.curug cihurang,
curug ini letaknya tidak terlalu jauh dari tempat parkiran kendaraan. yang disayangkan adalah curug
ini sudah tidak alami karna dpinggir kolamnya ada perosotan, dan curugnya kecil. curug ini yang paling aman jika anda membawa balita.
2.curug pangeren, sebenarnya saya belum pernah masuk ke curug tersebut sehingga tidak bisa mereview lebih jauh. dari foto yang saya lihat curug tersebut cocok buat anda yang hobby renang karena kolam curugnya cukup lebar
3. curug goa lumut
Selanjutnya curug goa lumut. sudah beberapa kali saya berkunjung ke curug ini bersama sahabat saya yang memang doyan maen di aer hhe.. Jika anda hendak ke curug lumut atau curug goa lumut parkiran motor berada di sisi jalan, anda bisa numpang parkir di warung warga maupun di tempat parkir yang sudah di sediakan. curug goa lumut terbilang besar dan cukup nyaman jika kita ingin berenang di
curug terseut dengan catatan sudah bisa bebrenang ya karena kedalam curugnya mencapai 3 meter.
Ada pengalaman unik ketika saya berkunjung ke curug ini yakni jika sore hari sekitar jam 3 biasanya kita bisa bertemu kawanan monyet yeng sedang lewat. saya sarankan sebaiknya makanan anda di masukan ke dalam ransel yang tidak bisa di jangkau oleh monyet tersebut. saya sarankan pula jangan membiasakan memberikan makan monyet-monyet tersebut karen jika sudah kebiasaan monyet-monyet
tersebut akan berani mengambil barang bawaan pengunjung lainya karena disangka ada makanan.
Air di curug goa lumut sangat dingain, airnya bening jika anda sudah mahir berenang anda bisa mencoba untuk melompat di sisian tebing ghoa lumut, menurut saya curug ini paling enak buat tempat berenang. jika hari biasa sangat sepi pengunjung namun jika seekend cukup banyak yang berkunjung ke curug lumut. cukup merogoh kocek Rp.75000 anda sudah bisa menikmati curug lumut. Curug lumut sebenarnya sudah beberapa kali berganti nama, dari awalnya bernama curug lumut lalu berganti menjadi curug goa lumut dan sekarang berubah menjadi curug alami. Alasan pastinya saya kurang faham, namun kalau saya lihat curug tersebut walaupun cukup bagus namun tidak terlalu ramai penduduk penggantian nama curug bertujan agar pengunjung datang semakin ramai.
4.Curug ngumpet
Untuk biaya masuk curug ngunpet tidak berbda jauh dengan curug alami yakni Rp.7500.
Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 50meter, dengan debii air yang cukup deras, untuk mencapai curug ngumpet kita harus berjalan selama 5 s/d 10 menit dari tempat parkir kendaraan. curug ini cukup aman untuk wisata keluarga karena curug ini berundak, Namun jangan coba-coba untuk berenang disini karena terdapat pusaran air yang berbahaya.
5.Curug seribu
Curug yang satu ini yakni curug seribu cukup menantang bagi anda yang hobby treking, karena untuk mencapai curug ini kita harus melewati jalanan yang licin dan curam, jika tidak berhati-hati anda bisa saja terpeleset.
Untuk menuju tempat parkir ke curug seribu anda harus melewati jalan bebatuan yang cukup terjal, jika menggunakan mobil atau motor matic cukup sulit untuk melewati jalanan tersebut.
Tiket masuk ke curug seribu Rp.5000 tiketnya memang lebih murah dari curug-curug yang lainya. Ketika kita treking di curug seribu awalnya jalanan berupa bebatuan semakin anda memasuki ke dalam jalanan akan berubah berupa jalnana tanah dan batu cadas yang curam ke sebelah kanan, selain itu jalanan yang licin membuat anda harus super hati-hati karna jika jatuh atau terpelest nyawa taruhannya mendekati curug seribu anda akan meneumkan beberapa curug-curug kecil yang tersebar di tebing, Ketika sampai di curug seribu anda akan di sambut dengan suara curug yang cukup kencang, ketinggian curug mencapai 100meter dan saya dengar kedalamnya mencapai 40meter, Anda tidak di perbolehkan untuk berenang di curug tersebut karena sangat berbahaya
kabarnya ada ada empat orang pemuda yang tewas karena masuk ke dalam pusaran airnya..

Selain terdapat curug di kawasan gunung bunder juga terdapat pemandian air panas, Pemandian air panas dikawasan gunung bunbder bernama "Pemandian air panas ciparay". pemandian air panas ciparay berdekatan dengan sungai cikuluwung yang merupakan aliran sungai yang berasal dari curug seribu yang berada di atasnya. Anda juga bisa mandi di sungai tersebut atau sekedar beristirahat di batu-batu sungai tersebut namun jika cuaca sedang mendung sebaiknya anda tidak mandi di sungai tersebut karena di khawatirkan akan meluap. Menikmati air panas ciparay di kolam pemandian air panasnya bisa bermanfaat untuk menghilangkan berbagai penyakit dan manfaat kesehatan lainya. jika anda tidak membawa bekal dari rumah di sekitar pemadian air panas ciparay juga terdapat warung-warung makanan.

Fasolitas lain yang berada di tempat wisata gunung bunder yaitu vila, jadi jika anda ingin menginap di kawasan guung bunder tersedia vila dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang sederhana sampai dengan resort mahal juga terdapat di kawasan gunung bunder

Gunung bunder ini cocok sekali untuk wisata keluarga karena pilihan obyek yang bervariasi, mulai dari yang memacu adrenaline sampai dengan pemandian yang cocok jika anda membawa anak kecil.
Dari pada anda main-main di mall terus lebih baik seskali berwisata alam, selain merefresh fikira n kita juga dapat manfaat sehatnya, Yok berwisata alam, dapat senangnya dapat juga sehatnya :)




No comments:

Post a Comment