Friday, May 6, 2016

Manikmati alam di ketinggian (2.958 mdpl) gunung gede pangrango

Kali ini saya ingin membagikan kisah saya mendaki gunung gede pangrango, sebenarnya sudah dari dulu ingin menginjakan kaki di gunung gede pangrango sekedar menambah pengalaman juga menikmati alam di ketinggian. Sebenarnya saya belum mengenal gunung pangrango. hanya beberapa kali saja membaca menganai gunung pangrango. Karena rasa ingin tahu saya mengenai gunung yang satu ini sayapun menerima tawaran teman untuk mendaki gunung gede pangrang.

Oya sedikit penjelasan menganai gunung yang satu ini. Gunung gede panrango berada di kawasan taman nasional gunung gede pangrango atau di singkat (TNGP). yang di tetapkan sejak tahun 1980.
Tujuan didirikannya yaitu untuk melindungi dan mengkonservasi ekosistem fauna dan flora yang di lindungi di jawa barat. Cakupan taman nasional gunung gede pangrango yaitu gunung gede dan pangrango itu sendiri, yang memiliki luas 21,175 hektar. Ketinggian gunung gede pangrango sekitar (2.958 mdpl). Demikian ya ulasan singkatnya, Demikian sedikit penjelasan mengenai gunung gede pangrango.

Perencanaan unruk mendaki gunung gede pangrango sudah cukup matang karena sudah kami siapkan seminggu sebelum hari H untuk berangkat, saya waktu itu hanya bertiga saja untuk mendaki ke gunung gede pangrangotersebut, kalo saya sendiri penasaran dengan yang namanya surya kencna uyang bayak di tumbuhi dengan edelwis. Bunga edelwis yang berada di dekat puncak gunung gede ini sangat indah dan memukai mata.

Seminggu berselang, Minggu malam sekitar pukul 01.00 dini hari kami sudah bersiap untuk berangkat ke gunung gede pangrango, Kebetulan jarak saya dan teman-teman tidak begitu jauh kami semua berasal dari boogor dan juga depok, untuk meeting point kami  berkumpul di sekitaran mancur atau taman mancur bogor, jadi jam 2.30 kami sudah berkumpul.

Dengan menaiki honda beat saya membawa carier milik teman saya. perjalanan yang di tempuh dari bogor tengah menuju pos pendakian gunung putri sekitar 1 jam karena kondisinya malam hari sehingga hampir tidak ada kemacetan walaupun di beberapa titik terjadi kepadatan kendaraan seperti di pertigaan lampu merah ciawi.

Untuk menaiki gunung gede pangrango kami pilih alternatif  via jalur gunung putri, Pendakian jalur gunung putri adalah pendakian dengan jalur terberat menurut beberapa artikel yang pernah saya baca loh hehe kalau saya sendiri baru pertama untuk melewati jalur tersebut.Pendakian ke gunung gede pangrango via jalur gunung putri ini memang jalanannya menanjak terus menerus jalanlandai akan anda temui jika sudah melewati pos terakhir.

Sebenarnya gunung gede pangrango memiliki tiga jalur pendakian yang resmi yakni jalur via cibodas, jalur gunung putri dan jalur selabintana. walaupun jalur via gunug putri memiliki trek yang berat namun kita akana bertemu pos yang sangat indah yakni alun-laun surya kencana, Tempat ini merupakan tempat favorit untuk para pendaki mendirikan tenda disini, alun-alun surya kencana sangat luas dengan di tumbuhi rumput liar dan tentunya tumbuhan yang hanya bisa hidup di atas 2000mdpl yaitu bunga edelwis.

Kami sampai di jalur pendakian gunung putri sekitar pukul 03.00 namun karena ada beberapa hal sehingga kami harus ngaret hingga satu jam setengah, kami baru mulai naik pada pukul 06.30.
Perlahan kamipun mulai mendaki gunung gede dengan trek awal berupa perkebunan warga, se[anjang jalur di kelilingi oleh kebun sayur-sayuran.

Setelah sekitar satu kilo sampailah kami di trek selanjutnya yakni trek gerbang gunug gede ataui pos satu . trek yang menanjak dan menguras energi. walaupun begitu kami tidak terburu-buru agar stamina tetap terjaga. sejujurnya saya sempat pesimis karena untuk urusan nanjak saya tahu batas fisik saya namun saya yakin akan bisa sampai ke puncak.
Di sela perjalanan kami juga menemukan pendaki lain yang sempat bermalam di pos satu, setelah ngobrol  akhirnya kami memutuskan barengan bersama dua orang pendaki lainya. Sehingga jumlah kami bertambah menjadi 5 orang.

Perjalanan kami lanjutkan kembali, sekitar pukul 07.00 kami sudah sampai ke pos atau gerbang pendakian. sejenak sayapun beristirahat, tidak banyak pendaki lain yang kami temui hendak menanjak di jalur ini. walaupun ada beberapa namun mereka sangat cepat melangkahkan kakiknya tidak seperti saya yang masih nubi hehe.

Setiap selang satu atau setengah jam kami beristirahat baik untuk sekedar minum maupun menghilangkan kelelahan.
Sekitar 2 jam lagi kami sudah hampir mau sampai ke pos alun alun suryakencana, Kami juga sering berpapasan dengan pendaki lainya yang hendak turun
Setelah sudah hampir sampai ke pos terakhir disinilah kekuatan fisik dan mental di uji kami di hadapkan pada jalan menanjak yang terlihat dengan jelas sehingga saya sendiri sudah engap duluan ketika melhat jalur tersebut. namun langkah-demi langkah saya lalui, hingga menemui jalanan atau rek yang sudah landai yang menandakan bahwa alun-alun surya kencana sudah dekat.

Sesekali kami berfoto sambil menikmati perjalanan menuju alun-alun suryakencana ini.
Lelah sudah pasti namun saya tetap yakin akan sampai minimal ke alun-alun surya kencana.
Melanjutkan perjalanan yang sudah dekat teman saya terus memberikan suportnya, walaupun kami sama-sama lelah tapi selalu memberikan semangat satu sama lainya.

Saat berpapasan dengan pendaki yang hendak turun dan menanyakan berapa menit lagi untuk sampai ke alun-alun surken mereka selalu bilang sudah dekat atau hanya 15menit lagi kok. Beberapa dari mereka juga memberiokan semangat kepada kami. Walaupun di bilang sudah dekat tetap saja jalanan yang menanjak ini tidak ada habis-habisnya. Barulah kami menemukan jalnan landai yang menandakan alun-alun surya kencana sudah dekat, Lega rasanya melihat jalanan landai seperi ini. setelah sekitar 5menit menjejaki jalanan datar tibalah kami di alun-alun suryakencana. walaupun terik namun terasa sejuk karena angin dan halimun yang mengitarinya.
Allhamdulilah sudah sampai ke alun-alun surya kencana, kamipun mengabadikan momen-momen suasana disini dengan berfoto bersam-sama. kini saatnya kami menikmati alun-alun surya kencana

1 comment:

1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda