Sunday, May 1, 2016

Goa gudawang berlokasi di kadaka



Sepulang dari curug kencana saya melanjutkan untuk melakukan survey ke goa gudawang.
sebenarnya goa gudawang ini jaraknya tidak terlalu jauh dari jasinga hanya sekitar 25km
saja namun akses jalan menuju goa gudawang waktu itu belumsaya ketahui.
goa gudawang letaknya berada di bogor sebelah barat, jika dari bogor jaraknya sekitar 40km, melewati beberapa kecamatan yakni leuwiliang,cigudeg lalu dari jl.raya jasinga kita belok ke arah jl.kadaka, patokan jalan kadaka yakni jembatan yang menghubungkan nya antara jl.raya jasinga dan jl.raya kadaka, di jembatan tersebut juga ada sebuah planggoa gudawang tersebut. Dari jl.raya kadaka di lanjutkan sampai ke jl.argapura sampai bertemu dengan sebuah gapuara goa gudawang yang letaknya berada di sebelah kanan dan aga kedalam.


sampailah saya di lokasi, memarkirkan motor dan masuk ke loket untuk mengambil tiket masuk.
karna penasaran saya sempat bertanaya kepada petugas yang berjaga di goa gudawang.
Tentang penamaan goa gudawang yang berarti kosong melompong jadi artinya goa gudawang artinya goa yang kosong hanya air,stalaktit dan juga stalatmit di dalam goa tersebut. Ada juga versi lain yang mengatakan
bahwa nama gudawang berasal dari kata kuda lawang yang berarti buntut ekor kuda yang di kepang.
Di dalam goa tersebut ada aliran air yang berasal dari rengganis. Konon katanya dulunya goa tersebut sering di datangi oleh pendekar pasundan.


Sebenarnya di kawasan goa gudawang juga masih terdapat banyak goa-goa lainya namun tidak di buka untuk umum. Walaupun wisata alam ini menarik dan indah tetapi sangat kurang perhatian dari pemerintah, pengelolaan dan petugas juga kurang dalam hal pelayanan, bisa di bilang kurang memuaskan ketika saya berkunjung kesana.walaupun sekarang jalanan akses ke curug goa gudawang cukup bagus namun goa tersebut tergolong sepi pengunjung.

No comments:

Post a Comment