Monday, May 2, 2016

Explore banten dari goa maria kanada dan pulosari

Goa maria bukit kanada terletak di rangkas bitung banten jawa barat.
Sebenarnya saya tidak tau banyak mengenai tempat ini,hanya saja pada kesempaan itu saya mengantar sahabat saya yang beragama kristen untuk mengunjungi goa maria tersebut.
Untuk alamat goa maria bukit kanada berada di dalam lokasi akademi keperawatan (akper)
yatna yuana (Dikelola oleh SPK RS misi), jalan jendral sudirman km.2 (arah jalan raya cipanas) desa jatimulya, Narimbang, Rangkas bitung- banten. (252) 201652.
Sesampainya di lokasi saya hanya beristirahat di saung-saung yang disediakan sementara teman saya ber ziarah di goa maria bukit kanada tersebut.
keberadaan goa maria memiliki sejarah panjang bagi agama katolik, goa maria bukit kanada di bangun pada 1987, di beri nama kanada dikarenakan lokasi yang terletak di KAmpung NArimbung Dalam, yang disingkat menjadi KANADA. goa maria kanada merupakan asset greja provinsi banten.

Berikut rute perjalanan jika anda ingin ke goa maria bukit kanada
-Jika anda dari bogor, rutenya anda ke arah rangkas bitung dengan melewati JASINGA, setelah berada di jl.raya cipanas sebelum masuk kota rangkas bitung belok ke kanan di akper RS Misi lebak banten.
-Dari arah merak bisa melewati pandeglang maupun serang ke arah bogor dengan melewati rangkas bitung, Dari jl.raya cipanas belok ke kiri di Akper RS Misi Lebak.
-Dari jakarta, jika anda dari jakarta anda bisa lewat tol ke cilegon atau merak, sesampainya diserang keluar di cikande lalu belok kiri melewati kota rangkas bitung menuju je arah jl.raya cipanas lalu belok ke kiri di Akper RS Misi Lebak, lalu masuk ke lokasi gua maria kanada.

Sambil menunggu teman saya berziarah di goa maria bukit kanada, saya mengambil beberapa foto dengan kamera, setelah itu saya beristirahat dan berteduh di saung. tempatnya sangat enak dan banyak pepohonan rindang sehingga jika cuaca panaspun disini tidak akan terasa terlalu pansa,
tidak jauh dari saung-saung tempat peristirahatn juga ada beberapa pedagang makanan dan pernak-pernik. sementara temen saya beribadah saya menyempatkan diri untuk mengisi perut. beberapa pedagang sempat megobrol dialek mereka jawa sunda bahasa sunda namaun dengan logat jawa yang kental, Abis berkunjung ya pak? iya bu ngantar kawan.. oh begitu ya dek, saya kira adek juga beribadah disini" tanya si ibu. ngga bu saya hanya mengantar kawan sekalian mau berwisata ke tempat lain.
Usai menyantap makanan, kawan sayapun selesai berziarah lalu kami melanjutkan perjalanan ke pulosari.

Jalan-jalan santai kali ini saya lanjutkan ke pulosari, pulosari yang memiliki ketinggian 1346mdpl di pandeglang banten. sebenarnya banyak sekali tempat yang ingin saya explore di banten ini, namun kali ini hanya tertuju pada pulosari, selain  aksesnya yang sangat mudah wisata ini juga murah meriah.
Pulosari ini merupakan gunung aktif yang berada di pandeglang bentan, tidak terlalu tinggi gunung pulosari hanya memiliki ketinggian 1346mdpl, walaupun tidak terlalu tinggi namun trek yang dilalui sangat bervariasi dari yang mudah sampai tanjakan curam, walapun gunung ini di bawah 2000mdpl namun banyak spot menarik di dalamnya yakni terdapat juga sebuah curug yang bernama curug putri,
curug ini memang tidak terlalu besar namun menjadi sumber air bagi para pendaki, selai itu ada juga kawah ratu dan tentunya puncak gunung pulosari.

Bagi masyarakat lokal gunung pulosari memiliki banyak mistis dan mitos dan juga kramat disini banyak di temui situs kuno dalam bentuk batuan,
Untuk akses wisata kepulosari tidak begitu sulit jika anda menggunakan kendaraan pribadi patokanya adalah pandeglang ke arah Mengger, dari sana lurus ke arah mandalawangi lurus terus sampai ke pari, Dan dekat dengan pasar pari ada sebuah plang tempat wisata pulosari.
Jika tidak mau terlalu cape kita juga bisa menggunakan kendaraan umum, kita bisa naik bis yang ke arah mengger dan di lanjutkan dengan menaiki angkot ke arah pari untuk harganya sendiri saya kurang tahu karena saya kesini menggunakan kendaraan bermotor,
Untuk biaya retribusi masuk ke gunung pari hanya Rp.5000 saja, sangat murah.

Sesampainya di tempat parkir dan mengurus administrasi kita bisa langsung trekking di gunung pulosari, waktu itu karena saya kelelahan akhirnya saya hanya sampai ke curug putri saja, sementara teman saya melanjutkan perjalanan karna dia ingin sampai ke puncak walaupun tektok. jika udah sering nanjak atau trekinng waktu yang di butuhkan untuk sampai puncak hanya 1,5 jam saja tapi bagi pemula seperti saya perjalanan bisa mencapai 3 jam.
Ketika sedang beristirahat di curug putri banyak sekali pendaki yang hendak turun, saya sempat bercengkrama dan mengobrol bersama mereka dan berbagi pengalaman juga. banyak informasi dan dongeng yang bisa saya dapatkan mulai dari informasi tempat wisata alam banten dan tempat wisata lanya yang berada di banten. setelah jam 5 sayapun mulai turun dan melanjutkan perjalanan pulang.

Wisata seharian ini cukup melelahkan karna menempuh perjalanan yang cukup jauh, walau begitu ada dongeng yang bisa saya dapatkan. dari yang awalnya masih cukup buta dengan banten perlahan makin mengetahui ternmyata di banten ada juga wisata-wisata alam yang menarik. untuk tempat wisata tersebut nantinya akan saya kunjungi sedikit demi sedikit, semoga impian saya untuk bisa mengexplore banten ini cepat terwujud ya hehe.. Cukup sekian dulu untuk pos kali ini semoga bermanfaat