Saturday, May 14, 2016

Bukit kapur

Tadi paga saya berkunjung ke tempat wisata alam yaitu bukit kapur yang terletak di desa cibadak kecamatan ciampea.
Cukup seru perjalanan hari ini, jenuh dengan rutinitas sehari-hari kemarin saya sudah merencanakan unutk berkunjung ke bukit kapur, walapun bukit ini tidak terlalu tinggi akan tetapi cukup untuk mengobati kepenatan saya
Dari dramaga ipb bogor saya langsung bergegas ke arah ciampea sepanjang perjalanan sangat lengang dan tidak ada kemacetan hari ini, sekitar 15menit saya  sudah bisa sampai ke ciampea. Sesampainya di cibadak saya bergegas membeli air dan juga camilan lalu melanjutkan ke arah bukit kapur.
Dengan memasuki pertigaan yang berada di sebelah kanan nya, pertigaan tersebut patokanya adalah rumahmakan tapak rasa.

Sayapun memasuki pertiigaan dengan kontur jalanan bverkerikil sampai dengan jalanan setapak yang hanya muat unutk satu kendaraan roda empat.
Sampailah saya di tempat parkir, karena adzan zuhur sedang berkumandang maka saya sekalian beristirahat di saung milik penjaga parkir. Kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan seorang penjaga parkir. penjaga parkir tersebut seorang ibu yang sudah  berusia lanjut.
dengan menggunakan bahasa sunda awalnya saya hanya sekedar basa basi saja namun karena ibu tersebut langsung nyambung dan menjawab beberapa pertanyaan saya mengenai tempat wisata ini.
Waktu sudah menunjukan pukul 12.30. perjalanan saya lanjutkan dengan treking menuju puncak bukit kapur teopatnya puncak rotu atau bukit roti. mengenai penamaan puncak roti karena memang puncak tersebut mitip gundukan roti yang berwarna putih, Ke pos pembayaran sayapun melakukan pembayaran unutk memasuki kawasan ini yang tergolong sangat murah yakni Rp.5000
Berbincang dan bverkenalan dengan penjaga tiket yang kala itu tengtah bersantai mengunggu pengunjung. selesai mengobrol sayapun di arahkan unutk melalui jjalur baru yang lebih mudah untuk di taiki, oya unutk naik ke bukit kapur ada dua buah kjalur . jalur pertama yang berdekatan dengan teoatnya di belakang opst ini lebih mudah unutk di lalui jalurnya cukup landai dan juga bersahabat apalagi untuk anda yang membawa keluarga, karena saya lihat ada sepasang suami istri yang bermain kesini dengan membawa balita.
Selesai berbincang saya melanjutkan perjaklanan saya unutk treking, sayapun pamit dan langsung melakukan treking.
Sampailah saya di puncak bukit kapur namun saya beristirahat dahulu karena cuaca cukup terik, beberapa pengunjung sudah ramai berada di atas bukit roti,
Ketika saya berada di atas banyajk sekali batu-batu karang yang menonjolk di tanah, beberapa diantaranya cuykup enak unutk dijadikan tempat beristirahat unutk sekear duduk-dudujk santai. Cuacayang terik membuat keriangat saya mengucur deras.
Sambil beristirahat saya mengambil beberapa video view di atas bukit dan juga view beberapa tumbuhan liar yang saya ambil hanya dengan kamera ponsel. Walau begitu hasilnya cukup memuaskan.
puas mengambil beberapa gambar dan video sayapun menaiki puncak bukit roti, Sebenarnya puncak ini tidak terlalu sulit untuk dinaiki hanya saja counteur bebatuan karang yang tajam cukup berbahaya jika kita tidak berhati-hati. Di atas bukit view kecamatan ciampea terlihat dengan jelasnya.sayangnya cuaca jari ini sedang ikurang bersahabat paans tapi cukup mendung hehe..
Sesampainya di atas sauya sempat mengobrol dengan beberapa pengunjung yang berasal dari warga sekitar ciampea, berbagi informasi tempat wisata dan sekaedar basa basi, namun karena sudah lama berada diatas puncak tak lama mereka langsung turun saya sempat membantu mereka unutk turun karena memang jika tidak terbiasa cukup ngeri untuk berjalan di atas batu karang yang di sebut bukit roti ini. oya dari hasil naiki bukit kapur ini dengan solo ttraveleer ytermnyata cukup asik, mendapatkan teman-teman baru dan juga teman ngobrol saat berkunjung ke tem[pat tersebut, saya sempat bertemu dengan romobngan penjung dari jakarta. kamipun bergantian unutk diambilkan foto hehe maklum saja saya hanya sendiri.

Puas menikmati panas dan sepoy angin di bukit kapur saya dan beberapa pengunjung lain langsung turun, walauperjalanan kali ini melelahkan namun cukup asik karena menemukan beberapa partner jalan baru.

Turunlah saya dan rombongan penujung dari bukit kapur, sampai di parkiran saya menyempatkan diri unutk mengobrol dengan ibu penjaga parkir. cykyp banyak informasio yang saya dapatkan. yakni mulai dari sejarakh bukit kapur tersebut sampai dengan tata kelola bukit kapur.
Bukit kapur ini sering juga di jadikan bahan penelitian baik flora maupun fauna yang berada disini terutama oleh mahasiswa ipb.
Dulunya sebelum dijadikan sebuah obyek wisata bukit kapur ini meripakan kawasan pertambangan batu-batu kapur aatau karang yang dijadikan bahan material pembuatan besi, menurut ibu tersebut dulunya juga disini terdaopat pabrik tambang batunamun sudah tidak ada lagi karena sudah tidak di izinkan.

Batu-batu tyersebut di tambang dengan cara batu tersebut di lubangi lalu dimasukan sebuah bahan peledak kemudian batu berjatuhan kebawah barulah batu tersebut di ambil.
Cukup banyak dongen kali ini yang bisa saya dapatkan.
Hak yang saya senang adalah disini tidak ada pungutan liar untuk tarif masukpun hanya 5000 dan itupun masih bisa anda nego terutama jika anda masuk secara rombongan, untuk petugas sendiri juga merupakan wwarga asli sini asli.
Cukup menyenangkan dan me refresh saya berkunung ke bukit kapur ini. oya di sini juga ada obyekl lain seperti goa. di kawasan bukit kapur inio juga ada puncak galau atau puncak lalana namun berbeda pengelolaan dan berbeda te,mpat parkir.
Jika sore hari ada sekumpulan kera yang berada dio sekitar bukit, kera kera tersebut tidak berbahaya dan tidak pernah menyerang pengunjung. namun saya sarankan dimanapun anda menemui kera jangan memberi makan kera tersebut karena akan menjadi kebiasaan yang gga baik, seperi merebut makanan pengunjunga, biarkan kera-kera tersebut mencari makan sendiri karena secara alami mereka biusa mencari mekananya sendiri di alam dan sudah disediakan alamhehe..
Bukit kapur ini saya rekomendasikan buat anda yang juga ingin berwisata keluarga karena tempatnya cukup aman dan tersedia jalur yang enak unutk anda lewati, selamat berkuiunjung ke buklit kapur puncak roti

1 comment:

1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda