Monday, May 2, 2016

Berkunjung ke curug alami gunung bunder

Selesai mendaki bukit kapur saya dan kawan-kawn melanjutkan perjalanan saya ke trip selanjutnya yakini Curug Alami.
Curug Alami ini sebenarnya sudah beberapa kali berganti nama, mulai dari penamaan curug gentong, curug lumut,curug goa lumut sampai dengan curug alami yang terbaru sekarang ini.
Saya kurang faham mengenai curug terebut yang bergani-ganti nama, namun kemungkinan ya untuk meningkatan pengunjung tentunya.
Curug alami terletak d kawasan gunung bunder aksesnyapun sangat mudah, Jika ada hendak kecurug goa lumut saya sarankan anda memasuki gunung bunder dengan melewati arah cibatok, selain memang lebih dekat dari pintu gerbang kawasan gunung bunder jika anda lewat jalan cibatok jalanan juga terbilang bagus.
Perjalanan yang kami tempuh dari bogor kota menempuh waktu sekitar 1jam 30menit dengan kendaraan bermotor.
Bicara tentang curug dikawasan gunung bunder, dikawasan gunung bunder memang terdapa beberapa curug dari curug yang cetek sampai dengan curug yang memacu adrenalin contohnya curug seribu, namun kali ini tujuan kami tertuju pada curug alami atau curug goa lumut, selain terbilang bersih air di curug alami ini juga nyaman untuk berenang, curug alami memiliki kedalaman sekitar 3 meter, airnya bening dan sangat dingin.

Sampailah saya dan kawan-kawan dikawasan gunung bunder, dengan membayar Rp.50.000 untuk dua kendaran dan 4 orang. harganya relatif tidak terlalu mahal, oya jika anda tidak diberikan karcis dalam hal ini anda hanya membayar namun karcis tidak di kasih sebaiknya anda meminta karcis tersebut alasannya agar uang yang anda bayar tidak masuk ke kantung oknum pegawai yang berjaga di loket masuk.
kami melanjutkan dengan menyusuri jalan untuk sampai ke obyek curug alami tersebut. Yang disayangkan adalah jalanan di kawasan gunung bunder ini banyak sekali yang rusak dan terdapat lubang-lubang yang digenangi oleh air hal ini sangat mengganggu perjalanan terutama bagi mereka yang mengguanakan kendaraan bermotor apalagi motor matic.

Kurang lebih setengah kilo dari gerbang masuk untuk sampai ke obyek curug alami, Selesai memarkirkan motor saya langsung menuruni tangga-tangga untuk menuju curug alami, jaraknya dari tempat parkir tidak terlalu jauh dan hanya menurun saja, kurang lebih 100meter dari tempat parkir kita sudah bisa sampai ke curug alami.
Untuk pembayaran biasanya dilakukan di pos yang terdapat di curug alami ini, letak posnya ada di tengah-tengah jalanan anatara tempat parkir dan curug alami, jadi saat kita turun ke bawah kita akan menemukan pos tersebut. untuk harga masuknya hanya Rp.7500 saja, relatif murah bukan.
Ketika saya dan kawan-kawan sudah sampai di curug alami di kawasan gunung bunder tersebut
cuacanya kurang mendukung agak mendung, namun para pengunjung tetap saja berenang padahal sangat dingin, badan saya gemetaran kareana dingin nya namun sangat disayangkan jika sudah jauh-jauh tapi tidak nyebur, setelah berendam dan loncat-loncat di pinggiran tebing ke kolam curug alami rasa dingin nya sudah hilang dan berganti dengan keasyikan berenang hehe..
Pada sore hari anda biasanya akan menemukan kawanan monyet yang turun, saya sarankan untuk tidak memberikan monyet itu makanan, biarkan mereka mencari makanannya secara alami, karena jika sudah menjadi kebiasaan akan tidak baik buat monyet-monyet tersebut.

Asik berenang kamipun sempat berfoto-foto dan bercengkrama dengan pengunjung lainya, untungnya teman saya membawa kompor dan nesting sehingga kami bisa menyeduh kopi dan beberapa pengunjung yang lainya ikut nimbrung bersama kami,
suasana semakin hangat kala teman-teman saya saling beradu cengan,, hehe
Hal yang unik setiap berkunjung ke curug alami atau curug goa lumut ini adalah ada saja Partner baru yang di dapatkan, ya partner yang ssama -sama doyan jalan. sehingga next trip biasanya selalu saja ada orang baru dan kawan baru yang bertambah.

Keunikan curug alami ini adalah terdapat sebuah goa di sisi tebing dimana diatasnya air curug mengucur kebawah, goa tersebut tidak dalam, jika anda ingin memacu adrenaline anda bisa menaiki tebing sampai ke goa dan melompat ke kolam curug alami, namun jika anda ragu sebaiknya jangan di lakukan cukup loncat di tebian tebing yang tidak terlalu tinggi saja.

Puas menikmati curug alami yang berada di kawasan gunung bunder kamipun bergegas untuk pulang karena hari semkin mendekati malam. Terdapat fasilitas kamar mandi dengan harga Rp.2000 tidak jauh curug, jika kamar mandi penuh anda juga bisa menumpang di kamar mandi atas yang berdekatan dengan tempat parkir kendaraan.
Setelah sebelumnya menurun kini kami harus menanjak untuk mencapai tempat parkir kendaraan, Kami menyempatkan untuk berfoto bersama kawan baru hehe ,,
Semoga pengalaman menarik ini bisa menjadi inspirasi anda unntuk berkunjung ke curug alami yang letaknya tidak jauh dari pusat kota bogor, terimakasih telah membaca :)