Monday, May 2, 2016

Wisata air terjun di bogor sentul dan gunung bunder

Tahukan anda bahwa di sentul terdapat beberapa curug yang indah, Dari curug bidadari yang sebenarnya sudah banyak di rombak sampai dengan curug-curug yang masih benar-benar alami dan keindahanya belum banyak diketahui oleh banyak mata.
Air terjun atau curug di sentul bogor dari setahun ke belakang ini banyak sekali di incar oleh mereka para penikmat alam yang berasal dari jabodetabek,  informasi yang mereka dapatkan kebanyakan dari instagram. saya sendiri mendapatkan informasi curug-curug yang berada di sentul ini dari kawan saya yang mengeshare sebuah foto curug di kawasan sentul.

Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit me review beberapa curug yang berada di sentul bogor yang sebelumnya memang telah saya kunjungi , Curug yang akan saya review yakni curug bidadari, curug kencana, curug leuwihejo, curug pariuk dan curug di kawasan curug kembar cibeureum.
Tnpa banyak kata lagi langsung saja kita riveiw beberapa curug yang berada di sentul

1.Curug bidadari
Sebenarnya saya tidak merekomendasikan anda untuk mengunjungi curug yang satu ini, alasannya harga yang relatif mahal dan fasilitas yang di dapakan tidak sepadan. Namun walaupun curug tersebut telah di rombak menjadi desain yang lebih moderen suasana hijau masih tetap bisa anda rasakan, terdapat juga sebuah kolam renang yang cukup besar yang menampung air curug tersebut, kolam tersebut tidak terlalu dalam hanya 1meter saja, selain itu andapun dapat menikmati pasir di pinggir kolam tersebut, pasir tersbut di datangkan langsung dari pulau bangka. di kawasan curug bidadari tersedia juga sarana rekreasi seperti perahu tangan dan juga flyingfox yang bisa anda nikmati bersama keluarga. Curug bidadari buka setiap hari dari jam 7.30 sampai dengan 17.00, untuk tarif masuk sebesar Rp.30000/orang tarif tersebut juga bisa berubah saat weekend bisa mencapai Rp.40000 sampai Rp.50000.
Awalnya air terjun tersebut memiliki akses yang sangat sulit dikarenakan lokasinya yang berada di balik bukit, untukk bisa sampai ke curug bidadari pengunjung harus menempuh jarak 2 kilometer, namun kini jalanan sudah dibangunsehingga memudahkan untuk akses ke curug bidadari tersebut.
Oya di lokasi curug bidadari juga ada sebuah batu yang memang dari dulunya sudah berada di lokasi tersebut secara alami, di batu tersebut ada sebuah celah yang konon katanya merupakan tempat persembunyian jaka tarub saat mengintip para bidadari dari khayangan yang sedang mandi dari air terjun tersebut, itu sebabnya curug tersebut di beri nama curug bidadari.

2.Curug kencana sentul
curug kencana, sebenarnya curug ini sudah cukup sering saya kunjungi namun karena memang tempatnya yang nyaman dan akses yang mudah membuat saya betah untuk berkunjung ke curug tersebut.
Oya curug ini baru terkenal setahun kebelakang,setiap weekend  banyak sekali pengunjung yang berkunjung ke curug kencana, Pengunjung curug kencarna rata -rata berasal dari jakarta dan depok, kalau orang bogor sendiri tetap ada namun tidak seramai mereka yang dari luar kota.. yang saya heran orang bogor malah mereka tidak mengetahui keberadaan curug kencana tersebut.
Curug kencana terletak di desa karang tengah babakan madang, lokasi curug kencana searah dengan curug leuwihejo. jika anda dari arah jakarta anda bisa melewati jalan tol dan keluar dari pintu tol sentul selatan kemudian ambil ke kiri ke arah jungleland, dari jungleland kita masuk ke arah gunung pancar, dari pertigaan yang mengarah ke gunung pancar ambil kirimenuju desa karang tengah. untuk kondisi jalanan dari arah jungle land menuju curug kencana saat ini sudah cukup bagus, di jalan anda akan menemukan turunan dan tanjakan yang cukup curam dan harus ber hati hati untuk melewatinya. jika anda sudah melewati jembatan dan tanjakan yang cukup panjang artinya anda sudah  dekat dengan curug kencana. setelah tanjakan habis anda akan dimanjakan dengan pemandangan lembah dimana di bawahnya terdapat sawah-sawah, sejauh mata memandang sangat indah dan memanjakan mata anda. dari view lembah tersebut hanya sekitar 35meter ke arah plank curug kencana. memasuki kawasan curug kencana kita akan menamukan rumah-rumah warga lokal yang berbentuk panggung. kita akan menemukan lapangan yang dijadikan sebagai tempat parkir kendaraan roda empat, jika anda menggunkana kendaraan bermotor anda bisa lanjut parkir di tempat parkir bagian atas khusus untuk motor, namun jika kondisi jalanan sedang basah biasanya petugas menyarankan anda parkir motor di bawah saja karena jalanan yang licin. Dari tempat parkir mobil ke tempat parkir motor uyang berada di atas jalananya hanya setapak saja jadi anda harus berhati-hati biasanya para petugas akan membantu anda jika motor tidak kuat nanjak mereka sigap mendorong.

Untok pos pembayaran tiket berada tidak jauh dari tempat parkir motor, tiketnya sendiri seharga Rp.10000 per orang, dan Rp.5000 untuk motor. oya FYI untuk tiket tersebut sudah dengan biaya asuransi.
Jika anda berkunjung ke curug kencana biasanya ada guide-guide cilik yang mengantar anda jika anda bersedia untuk diantar oelh guide cilik tersebut maka biarkan saja mereka memandu dan mengantar anda, namun jika anda tidak bersedia bilang saja sudah sering ke tempat ini, guide cilik tersebut merupakan warga lokal yang sering mengantar wisatawan curug kencana yang masih bingung dengan lokasi curug terutama bagi mereka yang ingin ke curug love. oya di kawasan curug kencana ini ada beberapa curug yang sata tahu yakni curug kencana itu sendiri,leuwi baliung dan curug love. sebenarnya ada 5 curug namun yang saya sering kunjungi hanya curug kencana dan curug love.
Curug love sendiri jaraknya yang palaing jauh, untuk mencapai curug love kita harus treking 30menit walaupun treknya jauh namun jalurnya turun naik sehingga tidak begitu melelahkan.

Dulunya sekitar 6 bulan yang lalu curug kencana ini cukup sepi, namun untuk sekarang di hari biasapun atau weekday selalu ramai saja pengunjung yang mengunjungi curug ini.
walau begitu kebersihan curug ini tetap di jaga oleh pengelola sehingga tempatnya tetapp bersih.
Dengan harga yang relatif murah anda sudah bisa menikmapti curug-curug di kawasan curug kencana. baca juga artikel pengalaman saya berkunjung ke curug kencana

3.Curug luwihejo
Curug leuwihejo letaknya idak jauh dari kawasan curug putri kencana, Alamat curug leuwihejo terleta di kampung wangun cileungsi desa karang tengah kecamatan babakan madang, sentul bogor. jika dari arah kawasan curug kencana anda tinggal lurus saja dengan kendaraan anda jaraknya sekitar 4km, jika anda sudah menemukan plag curug leuwihejo anda tinggal memasuki ke area parkir yang berada di atasnya.
Sebenarnya curug ini bernama curug bengkok namun lebih terkenal dan fasih dengan sebutkan curug leuwihejo, dinamakan leuwihejo karena airnyayang bernama hijau dan lewi itu diambil dari bahasa sunda yang berarti dalam. Curug lewihejo berukuran tidak terlalu besar akan tetapi memiliki kolam air yang cukup dalam dan nyaman jika digunakan untuk berenang, selain itu kita juga bisa loncat di sisian tebing curug. Informasi yang saya dapatkan curug ceuwihejo tersebut sebelumnya pernah di tutup dikarenakan memakan korban karena longsoran, dan baru di buka sekitar 2 bulan yang lalu tepatnya pada bulan mei 2016.
Yah yang namanya faktor alam kita tidak bisa mngelaknya namun yang di haruskan adalah kita harus berhati-hati dan tetap waspada karena bahaya alam selalu mengintai jika kita tidak mawas. Walapun bar di buka lagi sekitar 2 bulan yang lalu kini curug tersebut sudah mulai ramai pengunjung kembali. Di kawasn curug lewihejo sebenarnya juga terdapat beberpa curug yakni
-curug leuwihejo itu sendiri
-curug barong
-curug cipet
-curug lieuk, dan’
-curug ciung atau lewi ciung.
Untuk mengunjungi setiap curug anda harus melakukan treking ke jalur yang telah di tentukan di jalur tersebut juga tersedia beberapa plang yang mengarahkan ke curug tersebut, penasaran dengan keindahan curug lueihejo dan curug-curug yang berada di dalamnya berikut ini saya berikan rutenya:
Jika anda ingin berkunjung ke curug leuwihejo ada beberapa alternatif jalan menuju curug luwi hejo anda bisa lewat sentul city atau citeureup bogor. melalui sentul city, babakan madang dari jagorawi, keluar tol sentul city,giant,jungle land, setlah giant ada jalan turun ke bawah menuju arah pertigaan rainbow hill golf dan polsek babakan madang, sate psk, SLDC. Ambil kiri ke arah babakan madang lalu lurus terus sampai bertemu pertigaan gunung pancar dan karang tengah namun kita harus ambil kiri karena jika ambil kanan kita akan masuk ke arah pemandian gunung pancar, ikuti terus jalanan tersebut sampai menemukan plang Kawasan wisata curug leuwihejo yang berada di kanan jalan. oya untuk kondisi jalanan dari gunung pancar menuju ke lewihejo harus berhati-hati karena ada beberapa tanjakan dan turunan yang curam, selain itu kondisi jalan beberapa ada yang berlubang walaupun untuk sekarang ini jalanan lebih bagus di banding kondisi setahun kebelakang.
Untuk jalan meleati citeureup,Dari tol jagorawi, exit tol sirkuit sentul lalu belok ke kiri dan putar arah menuju desa leuwi nutug, bukit hambalang, kecamatan citeureupp. lurus terus melewati pombensin leuwi nutug sampai bertemu dengan oertigaan kecamatan citeureup dan jalan tengsaw, belok kanan ke arah tengsaw, indokordsa, lurus terus sampai bertemu pertigaan desa babakan dan desa pasit mukti, lalu belok kanan ke arah kebun wisata pasit mukti,. Samoai di kebun wisata pasir mukti lurus terus samoai dengan kecamatan sukamakmur sampai bertemu desa cibadak kecamatan sukamakmur dan pertigaan jonggol, cianjur dan desa karang tengah. belok kanan ke arah desa karang tengah sampai bertemu plank kawasan wisata leuwihejo posisi berada di kiri jalan.
Untuk akses jalan menurt saya lebih mudah lwat akses dari jungle land walaupun semakin ke dalam kondoso jalan tidak terlalu bagus. untuk kodisi jalan jika anda lewat citeureup jalanan cukup bagus dan mulus namun agak jauh.
jika musim penghujan sebaiknya anda jangan mengunjungi kawasan wisata ini karena rawan longsor dan kondisi jalan yang masih labil.
Tiket masuk curug leuwihejo harganya sebsar Rp.10000 per orang , dan parkir motor Rp.5000. untuk tempat parkirnya cukup luas, sebaiknya jika menaiki kendaraan bermotor dan kondisi jalan sedang bagus dalam hal ini tidak terlalu licin sebaiknya anda terus ke parkiran terakhir yang berada tidak jauh dengan lokasi curug lewihejo.

4.Curug kembar cibeureum bogor
curug kembar ciberem bogor
Curug kembar ciberuem ini merupakan destinasi wisata yang sangat indah, sebenarnya saya sudah beberapa kali ke curug ini, walaupun begitu tidak pernah ada bosan nya karena keindahanya.

Jika anda ingin ke curug kembar cibeureum patokanya dari jungle land ambil ke arah gunung pancar, dari pertigaan di jalan gunung pancar ambil ke kanan oya sepanjang perjalanan anda akan melewati beberapa plank obyek wisata curug lainya seperti curug putri kencana dan juga curug lewihejo, Patokannya jika anda sudah melewati plank kawasan lewihejo anda terus saja menyusuri jalan, untuk jalananya sendiri turun naik dan lumayan curam, sepanjang perjalanan anda akan di sambut dengan pemandangan yang indah.
Untuk jam buka curug kembar cibereum ini buka setiap hari, anda juga bisa menginap disini karena pengelola menyediakan tempat unuk bermalam. untuk informasi yang lebih rinci anda bisa cari akun pengelola curug kemabr ciberuem ino di instagram (@CURUG_KEMBAR_CIBEREM.
treking menuju curug kemar ciberem
Yang paling seru ketika sampai di kawasan ini adalah saat kita treking untuk mencapai curug kembar. sepanjang perjalanan kita akan di sambut denga lembah-lembah yang indah dengan jalanan tanah. curug kembar cibereum masih sangat alami, selain itu anda bisa langsung menikmati beberapa curug disini yakni curug hordeng, curug kembar, curug lesung dan juga curug kembar itu sendiri

5.Curug pariuk
curug pariuk
Curug ini sebenarnya belum lama di buka baru di awal bulan ini saja kok di bukanya,
Kawasan curug pariuk letaknya tidak jauh dari kawasan curug kembar cibereum, karena baru di buka curug ini sangat sepi pengunjung karena masih minimnya informasi, selain itu akses jalannya pun belum bagus. karena baru di buka jalanannya masih berupa tanah dan batu.
Untuk aksesnya tak berbeda jauh dengan kawasan curug kembar cibereum, hanya saja lokasi kawasan curug pariuk ini terletak sebelum kawasan curug kembar cibereum, patokanya anda akan menemukan plang curug pariuk jika anda menuju ke kampung cibereum.

Itulah beberapa curug yang berada di sentul, sebenarnya masih banyak lagi lokasi curug yang ingin saya share namun akan saya bahas di post selanjutnya, saya harap informasi ini bermanfaat unuk anda ya. jika anda pertanyaan mengenai curug yang berada di sentu anda bisa juga mengirimkan emai ke yadisuparlan@gmail.com, instagram saya @yadisuparlan. terimakasih sudah menyimak.

1 comment:

1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda