Sunday, May 8, 2016

Tips berwisata alam terutama air terjun

Bagi anda yang suka berwisata alam, jangan lupa untuk menyiapkan barang-barang ini yang tentunya sangat berfungsi dan membantu anda untuk menghindari kondisi alam yang berada di loasi wisata alam yang tentunya tidak bisa kita duga-duga. 

1. Membawa dry bag.
Mungkin disini belum banyak yang mengetahui apa itu drybag dan fungsinya, Drybag sendiri yaitu sebuah tas atau wadah anti air yang bisa digunakan baik untuk naik gunung maupun berwisata alam.
beginilah bentuk dry bag itu:

Pas awal-awal hobby main di air terutama air terjun saya sendiri belum tahu apa itu dry bag dan apa fungsinya. Fugsi dry bag adalah sebagai tas atau wadah anti air yang bisa kita gunakan untuk menyimpan barang-barang berharga kita terutama barang-barang elektronik seperti handpone, kamera ataupu powerbank, Barang-barang tersebut sangat rentan rusak tentunya jika terkena air. Oya selain barang-barang tersebut kita juga bisa menyimpan barang-barang lainya yang berharga.
Ukura dry bag sendiri bermacam-macam ada yang hanya berukuran1 liter sampai dengan ukuran 60liter.
Bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kita.
Kalau saya sendiri menggunakan drybag yang hanya berukuran 15liter saja. hal tersebut cukup buat saya menyimpan satu stel pakaian dan juga barag-barang elektronik.
Dry bag ini sangat membantu saya dalam hal berpergian ke temnpat-tempat wisata alam. misalya saat kondisi hujan tentu saja kita perlu mengamankan barang elektronik dan barang berharga lainya.
Yang namanya berwisata alam apalagi doyan jalan-jalan ke air terjun fungsi dry bag ini sangat-sangat di butuhkan bagi saya terutama saat hendak treking river atau menyusuri sungai tentu saja kita harus mengamankan barang berharga kita. kalau sudah aman dan di masukan ke dalam dry bag kita bisa bebas untuk menyusuri sungai.
Cara menggunakan drybag atau tas anti air ini sangat mudah hanya tinggal menggulung ujunya, oya usahakan di dalam masi terdapat udara.

2.Sandal gunug.
Nah sandal gunung ini bisa anda gunakan ketika sudah sampai ke lokasi wisata, Sayang sekali bukan jika anda sudah memakai sepatu  namun harus basah-basahan karena terkena air.
Dengan menggunkan sandal gunung selain nyaman di gunakan saat treking juga mengurangi licin saat kita melangkah terutama di trek yang berupa tanah dan bebatuan.
Beberapa kawan saya bahkan nyama menggunakan sandal gunung ini saat  berenang di beberapa leuwi atau curug yang berada di bogor. Walaupun fungsi utamanya intuk melindungi kaki sandal gunung ini sangat bermanfaat dan prakits anda kenakan ketika sampai di lokasi wisata alam untuk memudahkan dan nyaman dalam melangkah.

3.Webbing
Webing adalah sebuah tali yang multi fungsi, biasanya di sebut juga dengan tali tubuh.
Tali ini juga berfungsi sebgai tali pengaman. Fungsi weebing saat kita hendak berwisata alam apalagi jika kita sudah mengetahui medan yang akan di lalu, Ketika kita melewati jalur atau medan yang extream kita bisa memasang webing sebagai alat bantu untuk naik atau pengaman, misalnya saja ketika ada jalan yang curam kita bisa pasang webing di sebuah pohon dan tali webing ini digunakan sebagi pegangan untuk menghindari hal-hal yang tidak di iginkan misalnya terpelesat dan terjatuh.

Demikkianlah 3 hal yang menurut saya penting untuk anda bawa, Untuk 3 peralatan tadi walaupun sifatnya opsional namun bagi saya itu cukup penting dan sangat penting apalagi draybag, Ketika hujan datang rasanya urgent sekali bukan jika barang-barang berhagra tersbut terkena hujan maka resiko yang di dapat tentunya kerugian liburan andapun jadi kurang mengenakan tentunya.
Demikian beberapa barang yang harus anda bawa ya, untuk tips selanjutnya akan saya update lagi, teriumakash

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete