Tuesday, May 3, 2016

Berwisata alam di curug putri kencana sentul bogor

Pesona curug kencana yang cocok buat memacu adrenalin dan juga wisata alam di bogor,
Tahukah anda bahwa di sentul ada curug indah yang  bernama curug kencana, walaupun saya dan kawan-kawaan sudah sering berkunjung ke curug putri kencana namun curug tersebut memiliki daya pikat tersendiri. Selain pengelolaannya yang bagus curug tersebut juga indah naumn menantang.
Bicara tentang kota hujan tentunya disini banyak sekali wisata alam, dan yang lagi hits saat ini yaitu curug-curug di kawasan sentul. mulai dari curug putri kencana, curug leuwi hejo sampai dengan curug kembar, namun pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saat mengunjungi crug putri kencana.
Curug putri kencana terletak di desa karang tengah babakan madang,sentul bogor. untuk aksesnya sendiri sebenarnya cukup mudah jika anda dari jakarta anda bisa lewat dan keluar di pintu exit tol sentul selatan. kemudian ambil arah ke jungle land. jika sudah sampai jungle land kita bisa masuk ke jl.gunung pancar. jika sudah menemukan pertigaan maka kita ambil pertigaan yang kekanan, terus susuri jalan tersebut, jalan nya memang agak turun naik dengan melewati jalan yang kecil sehingga anda tidak boleh cepat-cepat memacu kendaraan anda terutama jika anda menggunakan roda empat anda harus berhati-hati karena jalanan yang kecil, di tengah perjalanan ke arah curug putri kencana anda akan menemukan jembatan setelah jembatan habis barulah melewati tanjakan yang menikung anda harus berhati-hati karena banyak kendaraan yang hendak turun dari arah yang berlawanan.
Setelah kendaraan di gas habis karena melewati tanjakan yang cukup panjang kita bisa menemukan tempat singgah, dimana terdapat sebuah lembah dengan pemandangan bukit dan pesawahan, anda bisa berfoto atau sekedar memandang view indah tersebut sejenak sebelum memasuki kawasan curug kencana .
tidak jauh dai tempat tersebut sekitar 40meter barulah kita bisa menemukan plang curug putri kencana.
FYI untuk jalur ke curug kencana ini masih satu jalur dengan kawasan curug leuwi hejo.
Sesampainya di pintu masuk curug kencana kita akan melewati jalanan yang sebagian sudah di  beton di jalanan ini juga harus berhati-hati karena jalanan berukuran kecil dan kadang-kadang ada kendaraan dari arah berlawanan yang hendak keluar.

Sesampainya di kawasan curug kencana kami terus melanjutkan perjalanan untuk ke tempat parkir kendaraan bermotor, jarak dari gerbang ke tempat parkiran motor kurang lebih sekitar 600meter, untuk jalananya sendiri masih berupa batu dan tanah anda harus berhati-hati karena licin, biasanya ada petugas yang berjaga untuk mendorong kendaraan anda jika jalanan licin.
Biaya masuk ke curug kencana, ketika anda masuk ke kawasan curug ini maka anda akan di sambut dengan petugas parkir, Cukup membayar Rp.5000 anda akan diberikan tiket parkir, setelah itu anda bisa melanjutkan ke arah atas untuk memarkirkan motor anda hati-hati karena jalanan agak curam, di tengah perjalanan menuju tempat prkir kendaraan bermotor anda akan meneui pos pembayaran untuk masuk ke curug. Untuk harga masuknya hanya Rp.10000/ orang.

Beberapa pertanyaan yang mungkin terlintas di benak anda
bagai mana kondisi jalan? untuk kondisi jalanan dari jungleland menuju curug kencana jalanannya untuk kondisi sekarang ini terbilang bagus, selain itu jembatan yang sebelumnya hanya berupa jembatan kayu kini sudah berubah menjadi jembatan beton, walaupun ada sebagian jalan berlubang tapi secara keselurauhan jalan cukup mulus.
Kondisi jalan di kawasan curug putri kencana? kondisi jalan di kawasan curug kencana awalnya beton jika kita semakin masuk ke dalam jalannya berubah menjadi bebatuan jika ke dalam lagi maka jalanan hanya berupa tanah yang bercampur batu, jika musim penhujan jangan memaksakan untuk memakrirkan motor anda di parkiran atas karena jalanan lici, akan tetapi jika jalanan tidak basah maka saya sarankan anda parkir ke dalam agar anda berjalan tidak terlalu jauh. karena jika anda parkir di parkiran pertama yakni parkiran mpbil anda harus berjalan lagi setengah kilo untuk bisa sampai ke curug kencana.

sesampainya saya di curug putri kencana dari parkiran motor langsung treking ke arah curug putri kencana, jaraknya hanya sekitar 100meter saja namun jalanannya lumayan menanjak dengan kontir bebatuan dan tanah. Jika kita sudah sampai di dekat curug tersedia saung-saung untuk menyimpan barang-barang kita. atau anda juga bisa titip barang-barang anda di warung yang berada disana, karena disana banyak juga terdapat warung-warung yang menyediakan makanan jika anda tidak membawa bekal.
Selesai berganti pakan saya dan kawan-kawan langsung nyebur dan berenang di curug kencana, curugnya cukup dalam menurut informasi yang saya dapatkan dari petugas yang sedang berjaga curug kencana memiliki kedalam sekitar 7meter. Jika anda tidak bisa berenang jangan khawatir karena di atas curug putri kencana masih ada cejungan-cekungan leuwi atau kolam yang tidak terlalu dalam.
biasanya di curug kencana juga ada anak-anak warga lokal yang loncat dari atas curug, merasa tertantang sayapun mencoba untuk melompat di dalamnya, awalnya memang takut namun karna adrenalin semakin terpacu saya memberanikan diri untuk loncat dan pada akhirnya saya ketagihan untuk loncat lagi hehe.

Pada saat weekend banyak sekali pengunjung disini, rata-rata mereka berasal dari depok dan jakarta. orang-orang luar bogor sendiri justru lebih tau dai pada orang bogor sendiri hehe.

Tak puas hanya berenang di curug kencana saya menuju obyek selanjutnya yakni curug love, untuk penamaan curug love tersebut menurut petugas yang berjaga karena batu di curug tersebut berbentuk love, bisa anda lihat fot yang saya ambil ini.
Sebenarnya di kawasan curug tini terdapat 5 obyek curug/lewi, namun yang paling tersohor yaitu curug putri kencana itu sendiri dan juga curug love,
Untuk sampai ke curug love kita bisa menempuh waktu sekitar 25 s/d 40menit. trek menuju curug love ini tidak terlalu berat karena tidak terlalu banyak tanjakan. selama treking ke curug love dari curug kencana kita melewati perkebunan kopi dan jika sudah dekat kita bisa menemui hutan bambu. Sesampainya di curug love saya bersantai sejenak di bibir curug untuk beristirahat karena lelah sehabis treking, kucuran suara curug dan rerindangan pohon yang mengitari curug love membuat suasana disini sangat nyaman.
Saya mulai berenang d curug love ini, oya tidak jauh dari curuglove kita hanya tinggal memanjat saja terdapat lagi sebuah curug yang tidak terlalu besar namun justru disinilah tempat yang nyaman untuk berenang namanya curug gope, hmmm penamaan curug yang aneh memang hehe..
Rasanya puas sekali berkunjung ke curug putri kencana, selain di dalamnya terdapat banyak curug yang membuat betah para pelancong disini juga fasilitasnya lengkp kamar bilas/wc,terdapat warung dan juga camp area.
Jika ingin berkunjung ke curug kencana sebaiknya anda datang pagi-pagi , paling tidak sebelum jam 12 sudah berada dilokasi karena biasanya jika sore hari cuaca berubah menjadi mendung, sia sia bukan jika sudah jauh-jauh datang tiba-tiba cuaca berubah mendung.
Petugas curug kencana juga ramah, ada beberapa petugas yang masih berumur 20han yang menggunakan seragam berwaran hijau tosca mereka senantiasa melayani kita jika ingin bertanya. saya sendiri sudah cukup akrab dengan petugas disana karna seringnya berkunjung ke curug tersebut.
Sudah puas loncat di curug kencana dan juga menikmati keindahan curug love kini saatnya menyudahi wisata saya di kawasan curug kencana. membilas dan berganti pakayan dan menikmati semangkok indomie dahulu sebelum pulang…
Wisata sehat dan menyenangkan ini juga cocok untuk rreveresi anda, curug kencana recomended untuk mereka para penikmat keindahan alam, Selamat berkunjung ke curug kencana, wisata alam tersembunyi di sentul bogor

1 comment:

1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda